Selasa, 10 November 2015

macam akar khusus



MACAM – MACAM AKAR KHUSUS
1.      Akar Udara atau Akar Gantung
            Akar udara atau akar gantung (radix aereus) (bahasa Inggris: aerial root), yaitu akar udara (bahasa Inggris: aerial root) adalah akar tumbuhan yang berada di atas tanah. Akar ini umumnya bersifat adventisius dan ditemukan pada beragam spesies tumbuhan, termasuk epifit seperti anggrek, bakau, beringin atau jejawi, dan sangga upas (poison ivy). Bentuknya sangat beragam, tetapi secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua jenis: gravitrop negatif (tumbuh ke atas menjauhi tanah) dan gravitrop positif (tumbuh ke bawah menuju tanah).
IMG_257
akar gantung
2.      Akar Nafas (pneumatophora)
            Yaitu cabang-cabang akar yang tumbuh tegak lurus ke atas hingga muncul dari permukaan tanah atau air tempat tumbuhnya tumbuhan. Akar ini mempunyai banyak liang-liang atau celah-celah (pneumathoda) untuk jalan masuknya udara yang diperlukan dalam pernapasan karena tumbuhan ini biasanya hidup di tempat-tempat yang di dalam tanah sangat kekurangan oksigen. Misalnya pada Bogem (Sonneratia) dan pohon kayu api ( Avicennia)

http://mnh20.files.wordpress.com/2010/05/banyan-tree-aerial-root.jpg
Image result for akar nafas
3.      Akar Penggerek atau akar penghisap (haustorium)

Akar ini merupakan akar-akar yang terdapat pada tumbuhan yang hidup sebagai parasit dan berguna untuk menyerap air maupun zat makanan dari inangnya. Contohnya seperti pada tanaman Benalu (Loranthus).
Contoh :
http://image.slidesharecdn.com/tugasbiologipowerpoint-130629041434-phpapp02/95/tugas-biologi-power-point-4-638.jpg?cb=1372479316
  IMG_259
4.      Akar Pembelit
Akar pembelit berkembang pada tumbuhan yang memanjat seperti pada vanili (Vanilla planifolia). Mirip dengan akar pembelit adalah akar pelekat. Akar pelekat muncul dari buku-buku batang tumbuhan memanjat. Contohnya adalah tumbuhan sirih (Piper betle), lada (Piper nigrum) dan anggrek. Akar tersebut berfungsi melekatkan batangnya pada pohon inang. Alat pembelit selain akar adalah sulur pada tumbuhan bersulur.
Contoh :
http://image.slidesharecdn.com/tugasbiologipowerpoint-130629041434-phpapp02/95/tugas-biologi-power-point-6-638.jpg?cb=1372479316
5.      Akar Tunjang atau akar egrang

Merupakan akar-akar yang tumbuh dari bagian bawah batang ke segala arah dan seakan-akan menunjang batang tumbuhan jangan sampai rebah, karena batang tumbuhan yang mempunyai akar seperti ini terapat diatas tanah atau air. Batang beserta akar-akar tanaman ini kesannya seperti orang yang naik diatas egrang. Akar ini juga terdapat pada tumbuhan yang hidup di tempat yang di dalam tanah, atau air dimana tempat tumbuhnya itu kekurangan oksigen, sehingga akar-akar ini selain untuk menunjang batangnya juga brfungsi untuk pengambilan oksigen dari udara. Akar sejenis ini bias dijumpai seperti pada tanaman Pandan (Pandanus tectorius Sol.)
Contoh :
                     IMG_266

6.      Akar Pelekat (radix adligans)

      Akar-akar yang keluar dari buku-buku batang tumbuhan memanjat dan berguna untuk menempel pada penunjangnya saja. Contohnya seperti pada tumbuhan Sirih (Piper betle L.)
Contoh :
IMG_261

7.      Akar Banir
            Yaitu akar yang berbentuk seperti papan-papan yang diletakkan miring untuk memperkokoh berdirinya batang pohon yang tinggi besar. Misalnya pada Sukun (Artocarpus communis G. Forst.) dan pada Kenari (Canarium commune L.).
Contoh :
            https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirgtKrmDnq3c4OAw4RNq3dt1K-deXUi7tW9Pt4_dnifuE7qFcCPJaNwwEkfT6Dj9Yp2JX5APS9yd55ehZi1Iw-IroieUNDk0bjV5pZLC8Ql0L3-OCFdJfMCyuG7oHdG0KpESaokUn7uuQ/s1600/buttress+root.jpg

8.      Akar Lutut (knee root)
            Adalah akar yang tumbuh ke udara lalu membengkok dan masuk lagi ke dalam tanah serta berfungsi untuk pernapasan, misalnya pada tanjang Bruguiera parvifolia.
Contoh :
https://arkhan20.files.wordpress.com/2015/05/c9893-akarlutut.jpg



Tidak ada komentar:

Posting Komentar